Pada kuartal pertama 2024 yang mencakup periode Januari hingga Maret, penjualan retail BMW meraih capaian 775 unit. Angka ini merupakan peningkatan sebesar 12 persen dibanding penjualan 695 unit di periode yang sama pada 2023. Jumlah ini sekaligus membukukan rekor penjualan kuartal pertama tertinggi jenama asal München tersebut di Indonesia.

Sebagai merek premium-luxury, BMW mengungguli segmen dengan mengizinkan rivalnya dari Jerman, Mercedes-Benz turun ke peringkat tiga dengan penjualan yang terpaut jauh di angka 626 unit. Pada tahun sebelumnya, Mercedes-Benz Indonesia sempat merajai kuartal pertama segmen merek mobil mewah di angka 782 unit sebelum proses berpindah distributor.

Rekor penjualan BMW juga berhasil mengungguli merek premium Toyota, Lexus, yang menjadi runner-up dengan mencatatkan 694 unit penjualan.

“BMW sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah di Indonesia kembali berhasil menutup Q1 2024 dengan hasil yang menjanjikan untuk tahun ini,” kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia dalam keterangan resminya.

“Saya ingin kembali mengucapkan terima kasih banyak untuk seluruh karyawan dan para diler untuk kerja kerasnya dan saya harap prestasi ini akan menjadi semangat kami di tahun 2024,” imbuhnya.

Tingginya volume penjualan ini bahkan masih di luar perhitungan penjualan MINI sejumlah 204 unit, yang notabenenya masih berada dalam satu payung yang sama dengan BMW.

Model bertenaga pembakaran internal masih menyumbangkan penjualan tertinggi bagi BMW, terutama seri populer pemilik mesin 2 liter berpenggerak roda belakang 258 tenaga kuda, yakni BMW Seri 3 yang menyumbangkan 19 persen dari penjualan total.

Penyumbang volume terbesar kedua ada di seri X bermesin 3 liter all-wheel-drive 381 tenaga kuda, yaitu BMW X5 dengan sumbangan 16 persen penjualan.

Seri X juga memiliki pemangsa volume lain yang menyumbang 13 persen penjualan total, yakni BMW X1 dengan mesin lebih kecil 1,5 liter penggerak roda depan 156 tenaga kuda.

 

Mobil Listrik BMW Masih Merajai Pasar Kendaraan Listrik Premium

BMW juga memantapkan posisinya di segmen kendaraan listrik premium dengan meraup pangsa pasar sebesar 63,7 persen di segmen tersebut.

Minat pada rangkaian kendaraan listrik BMW juga masih menunjukkan tren positif dengan distribusi 8 persen dari total penjualan merek BMW.

Adapun model-model listrik terbaru BMW iX1, BMW iX xDrive50, dan BMW i5 belum memberikan kontribusi di kuartal ini.

BMW i5 baru saja meluncur ke diler-diler resmi BMW di Indonesia pada Kamis (26/4/2024) dengan menawarkan harga Rp2,177 miliar untuk memiliki unit listrik berpenggerak roda belakang berdaya 340 tenaga kuda dan torsi 430 Nm dengan daya jelajah baterai 582 km.